Selasa, 09 Februari 2010

TROUBLESHOOTING CD ROM/RW dan DVD ROM/RW


TROUBLESHOOTING CD ROM/RW dan DVD ROM/RW

Apa itu CD/DVD ROM? itu adalah piranti atau perangkat keras yang mampu untuk membaca CD/DVD, dan apa itu CD/DVD RW? Piranti ini bisa digunakan bukan hanya membaca namun juga menulis atau mencetak data ke kepingan CD/DVD atau biasa kita istilahkan alat untuk membakar CD/DVD.

Namun ada beberapa hal yang bisa kita temui problem yang sering dijumpai pada alat semacam ini.

1.       CD Drive Tidak Mampu Terdeteksi
CD drive terng terpasang tidak mampu terdeteksi keberadaan sistem aktifnya oleh Operating System, hal ini bisa kita tangani melalui beberapa tahap.
·  Cek pada kabel data CD drive, patikan kabel tersebut sudah terpasang dengan benar atau belum, jika belum terpasang dengan benar dan pasti maka pasanglah dengan benar dan pastikan juga kabel CD drive-nya tidak dalam keadaan rusak, jika ada kerusakan pada kabel maka sebaiknya diganti saja.
·  Cek pada kabel power ke CD drive, apakah sudah terpasang dengan benar sebagaimana mestinya ataukah belum dan pastikan juga kabel tidak dalam keadaan rusak atau anda dapat mengganti kabel power dengan kabel power yang lain untuk memastikan kabel kerusakan pada kabel.
·  Cek juga jumper CD ROM ataupun CD RW anda berada dalam keadaan benar. Jika anda menggunakan perangkat ini dengan kedua-duanya maka periksa dan pastikan salah satu ada yang disetting menjadi masternya dan yang satunya disetting sebagai slave, periksa pada salah satu sisi CD drive-nya cara
menyetting jumper namun biasanya cara menyetting jumpernya juga disertakan dalam bentuk CD drive.

2.      CD Audio Memiliki Hasil Pembakaran Putus-putus.
Apakah anda telah berhasil mencetak atau men-Copy audio ke dalam kepingan CD atau DVD menggunakan CD RW tetapi setelah didengarkan hasil dari audionya putus-putus. Anda memiliki kerjaan baru untuk menanganinya. Caranya adalah :
·  Pastikan kepingan CD yang anda pergunakan sebagain media penerima cetakan atau penyimpan data tidak dalam keadaan rusak ataupun tergores-gores, jika keping CD anda dalam keadaan rusak atau tergores-gores maka hendaklah anda menggantinya dengan yang baru atau yang dalam keadaan baik.
·  Burning dengan kecepatan 4 – 16 x agar software lebih teliti dalam melakukan pencetakan pada keping CD/DVD. Apabila anda membakar atau memburning dengan kecepatan tinggi ada kemungkinan software anda kurang bahkan tidak teliti dalam kinerjanya

 



0 komentar:



 

-BERITA KITA ----- Selamat Datang Blogger Jepara ---- Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha